Perbedaan Black…

Posted: Juni 11, 2012 in Uncategorized

Perbedaan Blackberry dan Android

Banyak teman yang menanyakan kepada saya tentang memilih smartphone blackberry atau android. Menurut saya butuh penjelasan yang cukup panjang sebab antara Blackberry (BB) dengan android ada sedikit perbedaan. Saya simpulan perbedaan mendasarnya dari keduanya adalah

Blackberry = Smartphone + Content Provider

Android = Mobile Operating System

Perbedaan Blackberry dan Android

Blackberry sebenarnya adalah sebuah ponsel yang terintegrasi dengan layanan content dari RIM (produsen blackberry). Dengan kata lain dengan BB kita bisa menggunakan layanan dari RIM seperti BBM,Email,FB,Twitter,dll. Sebenarnya untuk FB,twitter,ym bukan murni dari RIM tapi RIM mengakomodasi. Penjelasan lebih lanjut akan saya bahas pada bagian Paket Layanan.

Android adalah sebuah mobile operating system yang dikembangkan oleh google dan bersifat open source. Sebelum operating system adalah sebuah sistem yang menjembatani antara hardware dengan software contohnya adalah windows XP, Windows 7, Macintosh. Pada ponsel contohnya Java, Symbian, windows phone, Blackberry OS, iOS (iphone),windows phone. Android dapat dikembangkan oleh produsen HP sehingga banyak varian ponsel android dipasaran seperti keluaran dari samsung,HTC,LG,Sony ericsson,dll.

Operating System

Blackberry

Blackberry menggunakan sistem operasi buatan RIM selaku produsen ponsel tersebut. Basic dari OSnya adalah dari OS Java. Setiap ponsel blackberry menggunakan OS blackberry OS ini. Ponsel BB dibuat oleh RIM dan sudah terinstallasi OSnya. Oleh karena OS dikembangkan oleh RIM maka variasi OSnya sangat terbatas dan update harus menunggu dari RIM

Android

Android merupakan OS yang dikembangkan oleh google secara open source. Maksud dari open source adalah kode pemogramannya tidak diproteksi sehingga dapat dikembangkan oleh siapapun. Ponsel android adalah ponsel yang menggunakan OS android. Sifatnya yang open source memungkin produsen ponsel seperti HTC,Samsung,Sony ericsson,LG dan bahkan ponsel cina bisa membuat smartphone android.

Selain itu dengan sifatnya yang open source, variasi OSnya sangat banyak. OS bisa dikembangkan sendiri oleh produsen misalnya samsung namun ada juga developer yang membuat OS variasi lain yang lebih cepat atau lebih baik dari OS yang dikembangkan samsung. Di dunia android ini disebut costum OS. Biasanya costum OS ini perfomanya lebih baik dari pada official bawaanya. Jadi kita mudah berganti-ganti OS dan hampir setiap bulan ada upgrade yang membuat ponsel semakin baik kemampuanya setiap saat.

Kedua OS baik BB maupun Android semuanya mendukung multitasking dan notifikasi sehingga kita bisa membuka banyak aplikasi lebih dalam 1 waktu. Applikasi tersebut tetap berjalan tinggal kita minize saja sehingga notifikasi jika ada update atau pesan masuk dapat langsung diterima layakanya membaca SMS.

Perbedaan pertama:  Dari segi OS bisa dilihat bahwa blackberry hanya diproduksi oleh RIM dengan OS buatan sendiri sementara android ponselnya dapat bermacam-macam merek.

Aplikasi

Blackberry

Blackberry menggunakan aplikasi yang dikembangkan sendiri oleh RIM maupun oleh pengembang lain. Aplikasi blackberry kebanyakan berbayar. Proses installasinya memalui market applikasi blackberry App World maupun secara offline. Kebanyakan aplikasi blackberry di desain untuk terkoneksi ke server RIM. Untuk terkoneksi dengan server RIM maka harus langganan paket BB. Jika tidak langganan maka tidak bisa menggunakan aplikasi. Beberapa aplikasi yang setahu saya harus langganan paket BB seperti BBM,FB, Twitter,YM,Email,Gtalk,dan aplikasi official RIM lainnya. Jadi bila kita tidak langganan paket atau mengandalkan koneksi Wifi misalnya tetap tidak bisa menggunakan aplikasi tersebut. Hal ini dikarenakan server RIM hanya bisa diakses dari ponsel BB yang berlangganan paket, akses internet selain dari itu tidak diperkenankan atau diblok oleh RIM

contoh cara kerja aplikasinya

misal kita pakai FB. Saat kita update status aplikasi mengirimkan data ke server RIM terlebih dahulu baru ke server Facebook begitu juga untuk aplikasi lain seperti YM,Gtalk,dsb. Intinya adalah setiap aktivitas data dikirimkan melalui server RIM terlebih dahulu.

Blackberry bisa saja digunakan tanpa berlangganan paket. Tetapi harus menggunakan aplikasi yang support untuk menerima koneksi dari luar. Seperti yang sudah saya jelaskan bahwa aplikasi BB terkoneksi dengan server RIM sehingga harus langganan untuk bisa menggunakanya dan penggunaanya pun tergantung layanan yang kita bayar. Jika hanya langganan BB Gaul maka otomatis browsing tidak dapat dilakukan.

Android

Aplikasi di android selain dikembangkan oleh google, banyak pengembang lain yang membuat aplikasi untuk android. Sistemnya yang open sourcenya membuat banyak pengembang mudah membuat aplikasi untuk android. Kebanyakan aplikasi yang ada gratis untuk di download dan diinstall. Proses installasi menggunakan android market tinggal download dan install. Aplikasinya hanya membutuhkan koneksi internet, sumbernya bisa dari koneksi GPRS/3G maupun wifi tidak perlu langganan macam-macam. Sebab aplikasinya kebanyakan menggunakan server dari pengembang sendiri yang memungkin akses masuk dari mana saja.

Perbedaan :

– BB aplikasinya banyak yang berbayar

– Installasiny cukup rumit terkadang harus restart ponsel

– Download cukup sulit karena harus menggunakan paket BIS atau menggunakan Wifi (sepengetahuan saya tetap harus menggunakan paket tertentu untuk bisa download dari koneksi Wifi)

– Penggunaan aplikasi seperti FB,Twitter,BBM harus langganan paket

– Android aplikasinya melimpah karena open source dan gratis

– Download dan installasinya sangat mudah. Selama terkoneksi internet entah dari GPRS/3G ataupun Wifi

– Aplikasinya dapat digunakan selama ada koneksi internet entah dari WIFI atau GPRS/3G tanpa harus ribet langganan paket.

Paket Layanan dan Tarif

Blackberry

RIM menyediakan paket layanan yang beraneka ragam. Seperti paket BB Gaul yang menyediakan layanan Social network (FB,twitter,dll) dan layanan chatting (BBM, YM, Gtalk,dll). Ada juga paket email yang hanya menyediakan layanan Email dan Chat saja. Jika kita memilih paket gaul maka kita hanya bisa main FB,twitter,chatting dengan BBM,ym,gtalk kita tidak bisa browsing, streaming youtube dan menerima email. Untuk tarifnya menurut saya hampir semua operator sama sebab ini sudah ada kesepakatan antara RIM dengan pihak operator dimana untuk paket Full BIS operator memperoleh $3.

Paket BB Gaul (social network dan chat saja) = 45rb sebulan

Paket Full (browsing,social network,chat,email,dll) = 80 – 100rb setahu saya yang paling murah three 80rb sebulan yang lain kisaran 100rban

Android

TIDAK ADA PAKET LAYANAN!!!!

saya tulis dengan jelas karena seperti yang sudah saya katakan android adalah OS bukan smartphone+Layanan content seperti BB. Android hanya perlu akses internet saja dan semua aplikasinya gratis kecuali ada aplikasi tertentu yang menerapkan langganan namun sebagian besar semuanya gratis dari installasi samapai pemakaian.

Paket internet yang paling cocok untuk android cukup menggunakan paket internet broadband unlimited dari operator masing-masing. Tarifnya bervasiasi mulai 30rb – 100rb per bulan tergantung provider. Saya sendiri menggunakan indosat internet paket gaul unlimited sebulan 50rb sudah bisa memakai semuanya browsing,streaming,download,chatting,dll.

Selain paket internet unlimited android juga bisa menggunakan paket internet qouta. Dari pengalaman saya sebulan untuk pemakaian normal browsing kadang-kadang, FB-an,twitteran,email,chatting hanya mengabiskan bandwith 300-500MB. Namun saya tetap menganjurkan menggunakan paket unlimited agar tidak pusing2 soal pulsa lagi.

Perbedaan :

– Blackberry punya sekema paket dan tarif layanan sesuai kebutuhan pelangganan

– Paket Layanan BB menurut saya mahal jika dibanding paket internet unlimited. Bayangkan saja 45rb sebulan di BB cuman dapat social network sama chatting atau email sama chatting sedangkan 50rb paket internet unlimited sudah bisa semuanya dari mulai browsing,chatting, sampai streaming youtube.

– Android hanya perlu paket internet unlimited atau paket internet quota bahkan dengan wifi juga bisa. Tidak ada batasan akses seperti Blackberry

Kesimpulan:

1. Apa yang bisa dilakukan BB juga bisa dilakukan Android sebab aplikasi android yang fungsinya seperti aplikasi BB sangat banyak

2. BB sangat tergantung dari paket layanan data dari RIM, tanpa berlangganan maka BB hanya menjadi seperti HP biasa. Alasananya sudah saya jelaskan pada bagian aplikasi

3. BB sangat terbatas untuk dimodifikasi OSnya

4. Android banyak varian dan mereknya. Mulai dari samsung,LG,sony ericsson,HTC bahkan ponsel cina juga ada yang sudah pakai android

5. Android menawarkan banyak kebebasan untuk costumasi OS maupun penggunakan aplikasi. Tidak terikat dengan layanan dan paket2 seperti BB

 

Alasan Android populer di luar negri sementara BB populer di indonesia

1. Orang-orang di amerika dan eropa menganggap BB adalah smartphone untuk bisnis sebab pada awalnya penggunaan BB lebih ditunjukkan untuk komunikasi menggunakan email dan messenger. Kebanyakan merasa bosan dan terbelenggu oleh paket2 yang ditawarkan BB seolah-olah BB yang membuat mereka harus tergantung dengan BB

2. Android mudah dikembangkan karena sifatnya yang open source. Kebanyakan programmer sejati merasa puas bila hasilnya karyanya dipakai banyak orang sebab mereka berorientasi pada kepuasan berkarya bukan pada uang semata.

3. Nama besar google dan layanannya yang powerfull tidak diragukan lagi sehingga banyak orang tertaring untuk menggunakan android

4. Kebebasan bereksperimen dalam menggunakan aplikasi yang diinginkan maupun merubah dan memodifikasi tampilan OSnya

sementara BB populer di indonesia:

1. Budaya orang indonesia suka ngerumpi ini dimanfaatkan RIM dengan layanan BBMnya.

2. Budaya latah dan ikut2an. Karena banyak yang pakai BB akhirnya semua jadi ikut2kan pakai BB padahal hanya BBM saja saya yang dipakai

3. BB menjadikan eklusif. Orang yang sudah pakai BB akan sulit pindah karena sudah banyak rekannya yang menggunakan BBM padahal android dan iphone juga memiliki aplikasi messenger yang tidak kalah hebat fungsinya dibanding BBM. Hanya saja orang malas merubah kebiasaan tersebut padahal kalau dilihat dari segi biaya jelas paket internet unlimited lebih murah dari pada paket BB

Discussion

50 Responses to “Perbedaan Blackberry dan Android”

Paket Gaul indosat pada kenyataannya kan bukan unlimited, tetapi “limited” karena pada saat kita mencapai batas pemakaian wajar, maka kecepatannya akan turun menjadi 64 kbps.
Paket Gaul Indosat Rp.50.000,- / bulan untuk kuota 500 MB
Paket BB untuk provider 3 Rp.69.000 + ppn 10% = Rp.75.900 tanpa kuota.
Maka menurut saya lebih masih murah Paket BB. Karena kita dapat mendengar lagu atau open youtube sepanjang jam sepanjang hari selama 30 hari dengan kecepatan yang sama.
Coba bayangkan kuota 500 MB itu jika kita open youtube 1(satu) hari non stop kuota itu pasti habis, dan kita anjlok ke kecepatan 64 Kbps.
Jadi kesimpulan saya murahnya suatu paket tidak bisa dilihat dari besaran rupiah. tetapi dari apa dan bagaimana paket itu bisa kita gunakan sepuasnya dan unlimited.

 

Posted by pat3adri | September 19, 2011, 9:28 am

menurut saya bukan limited tapi semi-unlimited. Semua operator mainnya memang FUP (Fair Usage Policy). Memang klo dibanding 3 jelas lebih murah 3. Tidak perlu bandingkan dengan paket internet unlimited deh bandingan BIS antara operator saja 3 yang paling murah. Saya bilang berdasarkan harga rata2 operator, yang rata2 100rb-an untuk BIS.

mau streaming youtube pake 3 klo anda tinggal di kota besar memang reliable karena tercover jaringan 3G dan HSDPA. Tapi yang pinggiran cuman dapet GPRS, apakah bisa streaming pake GPRS???? hasilnya sama lambatnya dengan streaming HSDPA lock speed 64kbps malah bisa lebih lancar yang HSDPA karena jaringan HSDPA tidak terganggu oleh penggunaan trafik Voice dan SMS.

Kemudian apakah kita mau streaming youtube sepanjang hari????saya rasa tidak sampe 24jam batre HP sudah pasti habis. Jaringan BB itu melewati 2 server seperti konsep VPN sehingga latency yang di dapet lebih lambat dari pada koneksi langsung ke server opsel. Streaming membutuhkan latency yang kecil atau cepat agar tidak buffering.

Saya mengatakan murah karena kenyatannya paket internet unlimited lebih banyak benefitnya dibanding paket BB. Alasanya
1. Koneksi internet BB tidak bisa dishare ke PC. Ada kalanya kita perlu browsing atau berinternet dengan PC atau laptop. Dengan paket internet unlimited tinggak pindahkan simcard ke modem atau bila pake ponsel android tinggal koneksikan saja ke PC atau Laptop untuk dijadikan modem
2. Kebanyakan penggunaan untuk mobile internet tidak memerlukan kecepatan. Keperluan push email,twitter,FB,browsing di HP bisa dilakukan dengan kecepatan 64kbps sekali pun. Sekarang sudah banyak website yang menyedian mobile viewer agar halaman lebih cepat ditampilkan
3. Streaming dan download frekuensinya tidak sesering cek email,twitter,FB dan browsing.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s